Search This Blog

Friday, May 13, 2016

Dibalik Kopi

Kopi merupakan minuman merakyat yang ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Adapun beberapa manfaat yang dapat diambil dari kopi adalah :

1.       Sebagai Penghilang Lelah
Kopi kita ketahui mengandung kafein, yang ternyata berperan untuk meningkatkan kerja psikomotorik, memberi efek rasa segar dan meningkatkan energi. Kopi mengandung molekul yang memiliki kemampuan mengikat reseptor adenosine, nukleotida di dalam otak yang merespons rasa lelah. Kafein juga meningkatkan aktivitas otak dan terlepasnya hormon epinefrin. Hormon epinefrin bekerja dengan menaikkan kerja jantung, menambah tensi darah, melancarkan peredaran darah, dan mengeluarkan glukosa dari hati.

2.      Meningkatkan Daya Ingat
Kafein juga dapat meningkatkan memori dan penalaran logis. Ketika minum secangkir kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah dan menuju otak. Setelah tiba di otak, kafein memblok inhibitory neurotransmitter yang disebut adenosin, sehingga memungkinkan peningkatan neurotransmiter lain yang membantu neuron meningkatkan kewaspadaan dan memori. 

3.      Mencegah  Alzheimer dan Parkinson
Mengkonsumsi kopi dapat memperkecil peluang terserang penyakit Alzheimer dan Parkinson, hal itu dikarenakan kandungan antioksidan dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang berhubungan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.

4.      Mencegah diabetes
Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen. Asam klorogenik dalam kopi dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit diabetes. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin. Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.


No comments:

Post a Comment