Search This Blog

Wednesday, April 13, 2016

Manfaat ASI


Kembali ke laptop,!!!!!
Kali ini admin ingin menulis sedikit informasi tentang manfaat ASI yang sangat baik dan lengkap dalam menunjang kebutuhan perkembangan dan kecerdasan otak si kecil. Kenapa ASI sangat dianjurkan untuk si kecil,??? Berikut alasan yang membuat ASI begitu penting.

1.     Gizi
Gizi mengandung beberapa zat yang berguna bagi si kecil, diantaranya :
a.                  Kolostrum
Berguna sebagai zat kekebalan tubuh terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai infeksi, terutama diare. Selain itu Kolostrum kaya akan protein, vitamin A, karbohidrat dan lemak yang rendah yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.
b.                Taurin, DHA dan AA
Taurin berfungsi sebagai neuro-transmitter yang berguna untuk otak. Selain itu DHA dan AA untuk membantu pertumbuhan dan kecerdasan.
c.                  Whey dan Casein
ASI mengandung lebih banyak whey dibandingkan casein. Berbanding terbalik dengan susu sapi, sehingga dengan begitu protein ASI lebih mudah diserap dibandingkan susu sapi.

2.     Imunitas
ASI mengandung zat anti infeksi. Kandungan IgA dalam kolostrum cukup tinggi yang mampu melumpuhkan bakteri E.Coli dan berbagai virus pada saluran pencernaan. Kemudian Laktoferin, yang mengikat zat besi disaluran pencernaan dan merupakan komponen zat kekebalan. Lysosim yang melindungi bayi dari serangan bakteri, ASI mengandung Lysosim 300 kali lebih banyak dibandingkan susu sapi.

Jadi begitu penting sekali bukan ASI bagi perkembangan si kecil?? Namun sayang sekali pada beberapa kasus persediaan ASI tidak mencukupi untuk si kecil. Bagaimana kiat agar ASI bisa lebih banyak,??? Simak dan tunggu ulasan berikutnya ya, 




No comments:

Post a Comment