Search This Blog

Sunday, April 17, 2016

Tips Agar ASI Si Kecil Tercukupi


Sesuai dengan janji saya terdahulu, saya akan lanjutkan ulasan mengenai ASI bagi si Kecil. Banyak para ibu yang mengeluhkan bahwa ASI yang dihasilkan sangat sedikit bahkan jauh dari cukup. Mengapa,?? Mari kita lihat penyebab dan tips pencegahannya,

1. Ibu pekerja yang langsung menjalani rutinitasnya setelah melahirkan.
Ada baiknya seorang ibu yang baru saja melahirkan melakukan istirahat yang cukup dan tidak terburu-buru untuk langsung bekerja. Karena tekanan pekerjaan dapat memicu stres bagi si ibu dan mengakibatkan menurunnya tingkat produksi ASI.

2. Membatasi Pemberian ASI
Adakalanya para ibu tidak bisa selalu menyusui si kecil, mungkin karena lelah atau fisik yang memang belum kuat setelah melahirkan. Tapi perlu diketahui bahwa pada awal masa kelahiran si kecil membutuhkan paling tidak 20 hingga 40 menit waktu untuk menyusui agar kebutuhan ASI tercukupi, dan pada masa-masa awal kelahiran kelancaran menyusui perlu dijaga sebagai stimultan produksi ASI. Jangan lupa memberikan ASI secara bergantian pada kedua payudara agar produksi ASI seimbang.

3. Sakit, stres dan depresi
Kesehatan perlu dijaga agar terhindar dari berbagai masalah yang sepertinya sepele tapi berakibat buruk bagi produksi ASI. Jauhkan fikiran anda dari berbagai hal yang tidak terlalu penting untuk difikirkan.

4. Puting Yang Lecet
Puting yang nyeri atau lecet dapat membuat anda menunda pemberian ASI pada si kecil, yang pada akhirnya menurunkan produksi ASI. Untuk itu jagalah posisi menyusui dan jangan lupa untuk selalu menyusui secara bergantian antara payudara kiri dan kanan, agar puting tidak mudah sakit dan lecet.

5. Penggunaan Pil KB
Buat para ibu diharapkan jangan terlalu cepat menggunakan produk KB, karena bisa mengganggu keseimbangan hormon yang berakibat menurunnya produksi ASI.

Demikianlah yang dapat saya informasikan, semoga bisa menambah wawasan para ibu dan jangan lupa konsumsi makanan dan vitamin yang cukup ya,

No comments:

Post a Comment