Search This Blog

Friday, April 29, 2016

Penyebab Jerawat dan Solusinya

Banyak diantara kita yang memiliki masalah kulit, salah satunya jerawat. Merupakan sebuah masalah yang besar bagi para remaja yang memiliki masalah satu ini. Karena jerawat bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri. Untuk itu mari kita mengenal berbagai penyebab jerawat dan cara mengatasinya :

Beberapa Penyebab Jerawat sebagai berikut :

1.      Faktor hormonal, merupakan Penyebab Jerawat pada usia remaja. Umumnya pada usia 10 hingga 15 tahun dan akan hilang memasuki usia 25 tahun, namun pada sebagaian orang, jerawat berlanjut hingga usia 40 - 50 tahun. Pada kondisi tertentu wanita dan remaja pada 2-7 hari sebelum periode menstruasi akan mengalami masalah tersebut dan akan hilang setelah selesai masa menstruasi.
2.    Malas membersihkan rambut, missal dengan cara keramas. Hal ini akan membuat kulit kepala kotor dan berminyak. Minyak dan kotoran inilah yang kemudian turun ke wajah yang kemudian membuat pori-pori kulit wajah tersumbat dan mengakibatkan jerawat.
3.    Konsumsi minuman bersoda, soda mengandung aspartame yang dapat meningkatkan jerawat. Kemudian menurunkan tingkat PH, sehingga dapat menyebabkan jerawat.
4.    Alergi minuman atau makanan tertentu seperti susu, makanan laut atau (seafood). Makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, vitamin A tinggi dan vitamin E yang rendah.


Cara Mengatasi :

§        Membersihkan wajah dengan mencucinya secara teratur, karena dengan membersihkan wajah akan membantu menghilangkan minyak dipermukaan kulit. Jangan menggosok wajah secara berlebihan karena akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Pastikan juga kulit bersih sebelum tidur. Cuci rambut secara teratur terutama bagi jenis rambut berminyak.
§         Kurangi konsumsi gula berlebih, seperti coklat, minuman soda, biskuit dan permen yang merupakan sederet makanan yang banyak mengandung gula. Gula yang berlebih akan meningkatkan insulin dalam darah yang dapat memicu hormon androgen penyebab kulit yang berminyak. Kulit berminyak akan mudah sekali muncul jerawat.
§        Penggunaan kosmetik disesuaikan dengan jenis kulit, karena jika tidak maka jerawat akan segera mendatangi  kulit wajah. Sebisa mungkin hindari penggunaan kosmetik yang berlebih.
§        Kurangi begadang, karena pada saat seseorang kurang tidur, maka ia akan mudah mengalami stres dan memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya. Tubuh akan dipaksa untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah. Saat anda tertidur, kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga kondisi kulit anda dapat kembali normal.
§        Hindari merokok. Penelitian yang dilakukan di San Gallicano Dermatological Institute di Roma, mengidentifikasi jerawat non-inflamasi muncul di kalangan perokok. Ditemukan juga bahwa perokok yang berjerawat di masa remaja, empat kali lebih mungkin untuk terkena jerawat di usia dewasa dibandikan dengan yang tidak merokok.



Sumber : http://www.penyebabjerawat.com/penyebab-jerawat-membandel/
http://ruangsehatku.blogspot.co.id/2014/08/17-kebiasaan-buruk-penyebab-jerawat.html

No comments:

Post a Comment